Kenapa Kentut & Apa Dampaknya Pada Kehidupan Manusia?

 Sudahkah anda kentut hari ini?

Salah satu aksi tubuh manusia selain tertawa, menangis, makan, tidur dan sebagainya, ternyata kita juga mengeluarkan suara dengan irama dan nada unik ketika sedang kentut. Ada bermacam reaksi dari diri sendiri, maupun orang lain ketika anda kentut. 

Kalau sedang sendirian, anda bisa kentut dengan bebas dan nyaman, dan tidak masalah dengan irama, bunyi dan aroma kentut kita. Rasanya merdeka dan plong setelah kentut. Jadi ada perasaan bahagia.

 Meskipun kentut itu terjadi pada saat yang tak terduga, dan membuat orang di sekitar tidak nyaman, entah karena bunyi dan irama kentut, atau karena aroma kentut anda. Namun, kalau tidak ketntut dalam satu hari, anda perlu waspada. Jangan-jangan anda mengalami gangguan pencernaan atau masalah lain. 

Jika ditelisik, kentut bukan peristiwa yang biasa saja. Kentut bisa menjadi salah satu tolok ukur tentang kesehatan tubuh kita. 

Karena itu, setelah selesai operasi usus buntu, ketika dokter menjenguk dan memeriksa pasiennya keesokan paginya, dokter bukan hanya basa-basi mengucapkan selamat pagi, melainkan ada pertanyaan penting, meskipun itu standar, yaitu; "Apakah sudah kentut?"

Sambil tersenyum, pasien akan menjawab dengan sopan, "Ya dok,"

Dokter pun merasa lega karena pasiennya sudah kentut dengan sempurna. Artinya, secara medis, operasi usus buntu yang dilakukannya berhasil dengan baik. 

Nah. Kenapa kita kentut dan apa pentingnya kentut itu?

 Ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa manusia kentut. Teori yang paling populer adalah teori yang menyatakan bahwa kentut merupakan hasil dari proses pemecahan makanan di usus besar. Makanan yang telah terpecah akan menghasilkan bau yang tidak enak. Selain itu, kentut juga merupakan hasil dari proses pembuangan gas dari dalam tubuh. Gas yang terbuang ini akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Ternyata, Kentut mengandung gas berupa udara dan gas beracun seperti karbon dioksida. Udara yang terkandung dalam kentut membantu melapisi usus dan mencegah terjadinya infeksi. Sementara gas beracun seperti karbon dioksida akan membantu membuang racun dari dalam tubuh.

Dalam satu hari, kita pasti kentut. Berapa kali kita kentut tentu berbeda untuk setiap orang, begitu pula irama, volume dan bunyi kentut tidaklah sama untuk setiap orang. Kentu

Jika dalam satu hari atau tidak kentut keesokan harinya, maka kita penting untuk waspada. Artinya ada masalah dengan sistem pencernaan atau ada gangguan lain dalam perut kita. Karena itu jangan dianggap remeh, apalagi setelah perut mengalami perasaaan tidak enak seperti kembung. 

Pastikan untuk segera ke dokter dan konsultasikan dengan jujur, kenapa anda tidak kentut, padahal biasanya kentut dengan teratur. 

Seperti halnya bersendawa, kentut pun sangat penting dan merupakan bagian "aktivitas" tubuh yang harus terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak kentut, mungkin akan membuat stress, dan perlu diwaspadai, barangkali ada kaitannya dengan masalah kesehatan kita. 


Comments

Global View

Popular posts from this blog

Rahasia Merawat Otot Agar Tetap Tegap dan Kreatif di Era Digital

Membangun Otot Lebih Kuat di Usia 50+: Strategi Terbukti untuk Kesehatan dan Kebugaran

Simple tips for maintaining beautiful and healthy breasts