Penyebab Tekanan Darah Tinggi - Kenali Gejala & Ketahui Cara Mencegahnya

 Yang membuat orang tidak sadar bahwa telah mengalami gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah karena sering tidak dirasakan oleh penderitanya, sehingga tidak heran kalau hipertensi disebut pula sebagai pembunuh diam-diam atau silent killer. 

Apakah anda punya gejala tekanan darah tinggi dan tidak tahu penyebab dan cara mencegahnya? 

Penting diketahui bahwa peningkatan tekanan darah menimbulkan berbagai masalah kesehatan, diantaranya adalah stroke, infark miokard, dan gagal ginjal.

Orang yang mudah terkena darah tinggi biasanya adalah orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya karena faktor genetika, kolesterol tinggi, dan berat badan berlebih. Adapun beberapa faktor yang penting diketahui penyebab tekanan darah tinggi adalah:

 1. Faktor genetik

 Faktor genetik merupakan faktor yang paling utama dan memegang peranan penting dalam terjadinya hipertensi. Sekitar 50-80% kasus hipertensi disebabkan oleh faktor genetik.

 2. Faktor usia

 Faktor usia merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya hipertensi. Semakin tua usia seseorang, semakin besar kemungkinan terjadinya hipertensi.


 3. Faktor kebiasaan merokok

 Merokok merupakan faktor risiko yang sangat besar terjadinya hipertensi. Rokok mengandung zat-zat yang dapat memicu terjadinya hipertensi, seperti nikotin dan karbon monoksida.

 4. Faktor kebiasaan diet

 Kebiasaan diet yang tidak sehat juga merupakan faktor risiko terjadinya hipertensi. Kebiasaan diet yang tidak sehat dapat memicu terjadinya obesitas dan diabetes mellitus, yang merupakan faktor risiko hipertensi.

 5. Faktor stress

 Stress juga merupakan faktor yang dapat memicu terjadinya hipertensi. Stress dapat memicu terjadinya hipertensi karena meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat mempertinggi tekanan darah.

 6. Faktor penyakit ginjal

 Penyakit ginjal merupakan salah satu faktor risiko terjadinya hipertensi. Penyakit ginjal dapat mempertinggi tekanan darah karena menyebabkan terjadinya peningkatan volume cairan dan natrium di dalam darah.

 7. Faktor penyakit jantung

 Penyakit jantung merupakan salah satu faktor risiko terjadinya hipertensi. Penyakit jantung dapat mempertinggi tekanan darah karena menyebabkan terjadinya peningkatan volume cairan dan natrium di dalam darah.

 8. Faktor penyakit pankreas

 Penyakit pankreas merupakan salah satu faktor risiko terjadinya hipertensi. Penyakit pankreas dapat mempertinggi tekanan darah karena menyebabkan terjadinya peningkatan produksi hormon insulin yang dapat memicu terjadinya hipertensi.

 9. Faktor penyakit saluran kemih

 Penyakit saluran kemih merupakan salah satu faktor risiko terjadinya hipertensi. Penyakit saluran kemih dapat memicu terjadinya hipertensi karena menyebabkan terjadinya peningkatan produksi hormon renin yang dapat memicu terjadinya hipertensi.

 10. Faktor penyakit lain

 Penyakit lain yang dapat memicu terjadinya hipertensi adalah penyakit tiroid dan penyakit ovarium.

 1. Penyebab darah tinggi bisa berasal dari berbagai hal, misalnya: kegemukan, merokok, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi alkohol berlebihan, dan stres.

 2. Selain itu, penyebab darah tinggi juga bisa berasal dari penyakit-penyakit seperti diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

 3. Penyebab lainnya yang sering terjadi adalah peningkatan tekanan darah akibat kehamilan.

 Orang yang kena darah tinggi biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

 - Badan terlihat tegang

- Rambut berwarna kelabu

- Wajah terlihat pucat

- Nafas berbau amis

- Terdapat benjolan di sekitar leher


 Mencegah darah tinggi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengatur pola makan, olahraga, dan menghindari stress.

 Makanan yang harus dihindari untuk cegah darah tinggi adalah semua makanan yang mengandung tinggi natrium, seperti makanan manis, gorengan, dan berlemak.

*) Riset dalam journal Therapeutic Advances in Cardiovascular Disease juga membuktikan bahwa, tekanan darah tinggi pada wanita lebih berbahaya pada pria. 

Bahwa selain melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur serta memastikan untuk menjalani pola hidup sehat, maka hati yang gembira, yang disebabkan karena kita tertawa, ternyata bisa menjadi faktor penting untuk mencegah stress. 

Sebagaimana diketahui stress yang berlebihan bisa menjadi pemicu munculnya gejala tekanan darah tinggi. Barangkali tayangan berikut ini bisa menjadi hiburan agar suasana hati lebih ceria. Tertawa adalah obat gratis untuk mencegah berbagai penyakit, terutama stress. 


NB: Segera konsultasi dengan dokter kalau anda mengetahui ada gejala tekanan darah tinggi pada diri anda. 

Comments

Global View

Popular posts from this blog

Rahasia Merawat Otot Agar Tetap Tegap dan Kreatif di Era Digital

Membangun Otot Lebih Kuat di Usia 50+: Strategi Terbukti untuk Kesehatan dan Kebugaran

Simple tips for maintaining beautiful and healthy breasts