Ternyata aksi ini bisa jaga imunitas tubuh untuk tangkal virus

Orang waras pasti khawatir dengan serangan Covid-19 yang juga terkenal dengan sebutan Virus Novel Corona. Memang ada yang meremehkannya sehingga melakukan tindakan yang sudah dilarang pemerintah. Warga sudah diminta untuk melakukan aktivitas di rumah seperti bekerja, belajar dan untuk sementara waktu ibadah juga dilakukan di rumah saja. Ternyata ada juga sekelompok orang yang nekad untuk tidak melakukan social distancing atau physical distancing.
social distancing, Covid19, Corona virus, physical distancing, bekerja di rumah, laughing, health tips, tips sehat,
Working at Home juga bisa dinikmati. Anda pun akan happy (freepik.com)
Ada yang yang tetap melakukan kegiatan di tempat umum, sengaja mendekati kerumunan. Bahkan ada yang nekad menyelenggarakan pesta pernikahan, pengajian atau beribadah di rumah ibadah, sehingga ada masjid yang terpaksa diisolasi karena ada jemaah yang menularkan virus corona kepada jemaah lainnya.



Berada di luar rumah memang rentan terhadap paparan Covid-19 apalagi jika sistem kekebalan tubuh sedang lemah. Karena itulah penting sekali untuk melakukan aktivitas yang seharusnya juga dilakukan pada saat normal seperti rajin mencuci tangan, olah raga, menikmati makanan bergizi, juga minum vitamin, bahkan berjemur yang akhir-akhir ini semakin banyak yang melakukan gara-gara virus Corona. Di era sebelumnya banyak yang enggan kena sinar matahari karena takut kulitnya jadi lebih gelap. 
social distancing, Covid19, Corona virus, physical distancing, bekerja di rumah, laughing, health tips, tips sehat,
Saat berjemur di halaman rumah, bayangkan anda sedang sunbath di Maldive Island yang romantis itu. (tripadvisor.com)

Selain social atau physical distancing, Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah paparan virus corona, bakteri dan kuman lainnya. Selain mencegah terinfeksi, sistem kekebalan tubuh yang baik juga membantu proses pemulihan jika terinfeksi atau mengalami gejala virus corona. 

Ada hal-hal tak terduga yang ternyata manjur untuk lakukan, yang barangkali selama ini anda enggan melakukan karena beberapa alasan pribadi, yaitu antara lain:
social distancing, Covid19, Corona virus, physical distancing, bekerja di rumah, laughing, health tips, tips sehat,
Tertawa lepas seperti Mantan Presiden Barack Obama membuat anda sehat jiwa raga lho. Nggak usah gengsi atau sok jaga wibawa (qz.com)

1. Jangan gengsi untuk tertawa terbahak-bahak jika ada adegan lucu di televisi atau membaca jokes (lelucon) yang dikirim oleh teman group WhatsUp anda. Tertawa ngakak tidak membuat anda kehilangan wibawa atau betapa anggunnya anda di antara mahluk sexy lainnya.

2. Mungkin anda juga bosan mendengar ocehan para pakar yang meminta anda untuk berhenti berfikir negatif, dan mulai untuk berfikir positif. Kalau sebelum ini anda terlalu sering skeptis terhadap kabar baik, mulailah mengubah kebiasaan buruk ini, sehingga anda tidak paranoid. 

Ayo baca artikel Rudi S. Kamri ini supaya anda tidak kepo:

Corona Psikosomatik Sedang Merajalela

3. Still Connected while stay at home. Di jaman serba digital ini anda tidak perlu bingung untuk tetap terhubung dengan keluarga yang berdomisili di luar kota atau di kampung, para sahabat atau client anda. Anda bisa melakukan video call lalu berbincanglah dengan santai, tidak melulu soal penting. Anda bisa saling bernostalgia, bertukar lelucon lalu tertawa ngakak bersama-sama. Maka lepaslah semua beban di pikiran anda. 
social distancing, Covid19, Corona virus, physical distancing, bekerja di rumah, laughing, health tips, tips sehat,
Yuk main gitar atau bernyanyi lah (quotemaster.org)

4. Selain minum vitamin atau jamu seperti dianjurkan banyak orang, bahkan Presiden Jokowi juga hobi minum jamu, ternyata hikmah dari bekerja dari rumah juga bisa mendekatkan diri anda dengan keluarga inti anda. Lakukan kegiatan bersama sesekali seperti menyiram kebun, mencabut rumput liar, memandikan anjing kesayangan, dan tertawa bareng selain makan bersama. 

5. Kalau ada alat musik nganggur di gudang, ambil lah lalu bersihkan. Ayo mainkan kembali gitar tua anda, nyanyikan lagu dangdut atau lagu cengeng. Kalau anda sampai menangis gara-gara lagu nostalgia, mungkin juga akan menghilangkan beban anda. Air mata sesekali perlu juga keluar. Nggak usah gengsi nangis jika istri anda sedang nonton sinetron Korea di channel kesayangannya. 
social distancing, Covid19, Corona virus, physical distancing, bekerja di rumah, laughing, health tips, tips sehat,
Lelah setelah bekerja, bermain dengan anak juga keren untuk jaga imunitas (lapismalang.com)

6. Kalau sudah bosan dengan pekerjaan anda, anda bisa menikmati hobi anda bermain catur, main gaple atau karambol. Mungkin anda melanjutkan bakat anda sebagai penulis, pengarang lagu, bermain musik dan sebagainya. 

7. Jika punya banyak foto-foto yang tersimpan di smartphone atau laptop anda, ayo share foto-foto liburan anda ketika liburan ke Singaparna (Singapore), Paris, Bali atau tempat-tempat lainnya. Tak ada salahnya pula anda anda mengedit koleksi video jalan-jalan anda, lalu upload ke YouTube, Dailymotion atau melalui facebook creator. 

Pokoknya jangan bosan untuk stay at home, dan sementara waktu menjaga jarak secara fisik dengan banyak orang sebagaimana pernah anda nikmati di mall, pasar, car free day dan sebagainya. 

Pastikan anda tetap kreatif selama bekerja di rumah, bahkan anda akan dapat ide bagus untuk hidup lebih kaya dan bahagia setelah badai virus Corona ini berlalu. Optimis lah.


Comments

Global View

Popular posts from this blog

Rahasia Merawat Otot Agar Tetap Tegap dan Kreatif di Era Digital

Membangun Otot Lebih Kuat di Usia 50+: Strategi Terbukti untuk Kesehatan dan Kebugaran

Simple tips for maintaining beautiful and healthy breasts