Resep Kue Klepon Istimewa. Kuliner Nusantara Asli

Indonesia bukan hanya beragam kebudayaan, seni, bahasa, agama, adat istiadat yang indah dan penuh toleransi, melainkan juga terhidang warisan luhur di bidang kuliner. Kekayaan alam Nusantara sangat mendukung terciptanya berbagai masakan serta kue lezat beraneka warna dan rasa. 
 
Resep Kue Klepon, Klepon halal, Wisata Kuliner, Kuliner Nusantara, kue sehat, ngopi
Dengan Teh Poci without sugar atau Kopi Tubruk tanpa gula, Sensasi Kue Klepon semakin mantap (korannasional.com)





Meskipun ada begitu banyak kue dan bermacam-macam kue serta manisan dari berbagai negara yang yang mewarnai kuliner Indonesia, ternyata kue asli atau sering disebut jajanan kampung bahkan disebut sebagai jajanan pasar, kue asli dari berbagai daerah di negeri Jambrut Khatulistiwa ini tetap mengisi waktu senggang kita sambil ngopi di pagi dan sore hari. 

Rasanya hidup terasa lebih indah jika saat ngopi atau ngeteh bersama keluarga, sahabat dan rekan kerja menikmati salah satu jajanan tradisional seperti kue Cucur, Jaje Lak Lak atau Klepon. Dengan melihat warna kue lezat ini yang ditaburi parutan kelapa muda ini selera untuk menyeruput kopi Papua atau Kopi Medan akan semakin mantap dengan sajian Kue Klepon. 

Resep Kue Klepon, Klepon halal, Wisata Kuliner, Kuliner Nusantara, kue sehat, ngopi
Kue Klepon Sensasi Asli Nusantara (resepspecial.id)
Rasakanlah sensasinya ketika Kue Klepon itu masuk mulut, akan terdengar suara letupan - dan terjadilah rasa luar biasa dari lumeran gula aren yang muncrat di dalam mulut. Mantap banget. Untuk yang pertama kali makan Klepon, mungkin mulutnya akan blepotan, namun akan dijamin ketagihan. 

Mumpung lagi stay at home atau mengisi waktu working from home, yuk coba resep rahasia Kue Klepon yang sensasional ini. 

Bahan-bahan yang wajib disiapkan adalah:

1. 250 gram Tepung Keta.
2.  50 gram Tepung Beras.
3. Garam 1/4 sendok teh.
3.  Air secukupnya untuk membuat adonan.
4.  Daun pandan - supaya kue Klepon berwarna hijau alami dan menambah aroma.
5.  Gula Merah yang berasal dari kampung.
6.  Parutan Kelapa lalu dikukus sekitar 20 menit supaya tidak mudah basi.


Cara membuat Kue Klepon: 


 1.  Dengan menggunakan baskom kecil atau mangkuk, uleni tepung ketan, tepung  
      beras, air dan  perisa pandan secara perlahan. Pastikan Uleni bahan bola sampai bisa dipulung, jangan terlalu    lembek agar kleponnya tidak gembos. Jika terlalu kering nanti gampang bocor gula merahnya.  

      Klepon yang kenyal-kenyal empuk tentu lebih nikmat.



  2.  Isi bagian adonan tepung yang telah berbentuk bulat itu di bagian tengahnya dengan    gula  merah yang telah disisir dengan pisau itu. 

  3. Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan bola-bola Klepon ke dalam rebusan air yang
      telah mendidih, biarkan mengambang.  Jika sudah terapung lalu diangkat dan tiriskan.
Jika sudah terapung artinya kue sudah matang. Angkat dan sisihkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Klepon Tradisional, Cocok untuk Dijual", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/21/182555675/resep-klepon-tradisional-cocok-untuk-dijual?page=all.
Penulis : Silvita Agmasari
Editor : Silvita Agmasari
Jika sudah terapung artinya kue sudah matang. Angkat dan sisihkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Klepon Tradisional, Cocok untuk Dijual", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/21/182555675/resep-klepon-tradisional-cocok-untuk-dijual?page=all.
Penulis : Silvita Agmasari
Editor : Silvita Agmasari


 Sebelum dihidangkan, gulingkan kue Klepon di atas parutan kelapa. 

Nah, setelah itu silahkan dinikmati bersama keluarga di rumah. Setelah merasakan nikmatnya kue Klepon warisan leluhur ini, maka kita akan lebih produktif dan kreatif, bahkan bisa profit karena anda punya peluang bisnis online, yaitu menjual kue Klepon ke teman-teman di group media sosial anda. 

Dengan berbisnis Kue Klepon dan jajanan pasar lainnya, maka kita akan menjadi agen perubahan untuk negeri kita, bukan hanya bisa duduk manis sambil resah dan gelisah seperti lagu Obbie Mesakh. 

Sudah saatnya kreatif dan menciptakan profit secara jujur sambil menjaga seni Kuliner Nusantara tetap jaya dan lestari, bahkan bisa menjadi hidangan world class.  

Saran:

Rasa dan sensasi Kue Klepon akan terasa makin mantap jika dinikmati dengan kopi tanpa gula, juga teh tanpa gula. Kan Kleponnya sudah manis. Nah, anda pun hidup lebih sehat dan lebih cerdas. 

By the way, Kue Klepon bisa ditemukan di Jakarta, Pulau Jawa, Bali dan daerah lain yang bisa dibuat dengan warna lain.  Mungkin di daerah lain ada nama berbeda untuk Kue Klepon yang heboh ini.

Comments

Global View

Popular posts from this blog

Rahasia Merawat Otot Agar Tetap Tegap dan Kreatif di Era Digital

Membangun Otot Lebih Kuat di Usia 50+: Strategi Terbukti untuk Kesehatan dan Kebugaran

Penyebab Sakit Paru-paru dan Dampaknya terhadap Daya Tahan Tubuh serta Produktivitas di Era Digital