Food supplement & Vitamin: Tips Sehat di Bulan Puasa

 Selain pilihan bahan makanan dan hidangan untuk sahur maupun berbuka puasa yang tepat, ada pula anjuran penting agar disiapkan vitamin dan/atau food supplement sehingga ibadah puasa di bulan Ramadhan berjalan baik dan tetap sehat serta bugar. 

Selama ibadah puasa pada bulan Ramadhan tubuh kita juga memerlukan tambahan vitamin dan suplemen untuk membantu menjaga kesehatan dan tetap bugar. Ada beberapa contoh vitamin dan suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama bulan puasa:

Multivitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama bulan puasa. Multivitamin biasanya mengandung kombinasi vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin D, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, serta zat besi.

Vitamin D: Bahwa Vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Kebanyakan orang memperoleh vitamin D dari sinar matahari, namun selama bulan puasa, asupan sinar matahari mungkin berkurang. Oleh sebab itu, mengonsumsi suplemen vitamin D dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin tersebut.


Vitamin C: Vitamin C juga dibutuhkan tubuh kita karena pada vitamin terkenal ini mengandung antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh. Bahwa vitamin C juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi selama bulan puasa.

Probiotik: Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Sepanjang bulan puasa, asupan makanan dan cairan mungkin berubah, yang dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Dengan mengonsumsi suplemen probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di dalam saluran pencernaan.

Asam lemak omega-3: Bahwa asam lemak omega-3 merupakan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan dalam ikan, tetapi selama bulan puasa, konsumsi ikan mungkin berkurang. Oleh sebab itu, mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi tersebut.

Namun sebelum memutuskan untuk memilih vitamin dan supplement, sebaiknya konsultasikan sebelumnya dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan selama bulan puasa. 

Karena kebutuhan tubuh tiap orang berbeda, serta tidak semua orang membutuhkan tambahan vitamin dan suplemen jika asupan makanan dan minuman yang seimbang sudah terpenuhi.

Artikel terkait yang penting dibaca selama bulan puasa: 

TIPS MAKANAN PADA BULAN PUASA AGAR SEHAT DAN BUGAR

Comments

Global View

Popular posts from this blog

Rahasia Merawat Otot Agar Tetap Tegap dan Kreatif di Era Digital

Membangun Otot Lebih Kuat di Usia 50+: Strategi Terbukti untuk Kesehatan dan Kebugaran

Simple tips for maintaining beautiful and healthy breasts